• Mon. Jun 21st, 2021

3 Mobil 4×4 Yang Harganya Di Bawah Rp four hundred Juta

Bykabarkhusus

Oct 19, 2020 , ,

Sebagian dari kamu mungkin pernah dengar apa itu mobil four×4 alias mobil berpenggerak empat roda. Mobil-mobil tersebut emang sering bikin kita kepincut karena bentuk dan ketangguhannya.

Mobil 4×4 memiliki keunggulan, yakni mesinnya bisa menyalurkan tenaga ke seluruh roda kendaraan. Sementara itu, mobil kebanyakan memiliki sistem penggerak 2×four, yang berarti mesinnya hanya menyalurkan tenaga ke dua roda saja.

Dengan sistem 4×four, mobil tersebut punya kemampuan manuver yang lebih baik. Dan tentunya lebih aman jika harus berjibaku di trek non-aspal, terutama lumpur.

Desain keren dan performa yang luar biasa itu tentu berbanding lurus dengan harga yang mahal pula. Mengingat harganya mahal, otomatis mobil ini juga identik dengan pajak tahunan yang tinggi. Apalagi, gak sedikit mobil 4×4 yang kapasitas mesinnya besar.

Salah satu situs berita otomotif di Indonesia sempat merangkum kumpulan mobil 4×4 yang katanya murah. Tapi murahnya itu seberapa, ya? Yuk kita bahas!

1. Suzuki Jimny
Suzuki Jimny (Kompas) Walaupun belum resmi meluncur di Indonesia, mobil ini udah meluncur di negaranya sendiri, Jepang. Varian terbarunya ini muncul 20 tahun setelah yang lama mengaspal. Bayangin aja, para pemilik Jimny lawas tentunya bakal kepincut parah sama Jimny baru.

Salah satu yang unik dari Jimny adalah, walaupun menggunakan fitur 4×4, dia menggunakan mesin yang sama seperti All New Ertiga.

Jimny sanggup menyemburkan tenaga sebesar one hundred Hp pada 6 ribu RPM. Sementara itu, buat torsi maksimalnya ada di angka one hundred thirty Nm pada 4 ribu RPM.

Jimny terbaru menggunakan transmisi half time 4WD. Sementara itu suspensinya menggunakan 3-hyperlink rigid axle. Udah pasti kaki-kakinya makin mantap dan kuat. Ukuran ban standar Jimny adalah 195/80 R 15. Gak terlalu gede sih ya bila dibandingkan sama SUV four×4.

Buat harganya, kabarnya sih varian termurah Jimny ada di kisaran Rp 186 juta. Tapi sayangnya varian itu cuma hadir di Jepang.

Yang hadir di Indonesia adalah Jimny JL dan JC yang harga termurahnya diprediksi berkisar antara Rp 228.705.843.

2. Renault Duster
Renault Duster (Liputan 6) Mobil 4×four bergaya small SUV ini merupakan kolaborasi antara Renault yang berasal dari Prancis dan Dacia, produsen mobil di Rumania.

Mesin 1.500 cc turbo-diesel 4-silinder common rail yang diusung menghasilkan tenaga maksimal one hundred ten Hp. Sementara itu torsi puncaknya 240 Nm.

Lewat uji cobanya, transmisi manual enam percepatan milik Duster emang cukup bikin tarikan jadi enak. Rasio antar giginya cenderung lebih rapat, makanya ketika kamu mengoper gigi satu pasti berasa “napas” mobil ini agak pendek. Tapi itu wajar kok.

Duster juga dilengkapi dengan sistem penggerak empat roda yang diatur secara elektronik. Ada tiga pilihan, yaitu 2WD (dua roda penggerak), 4WD, dan LOCK. Jika kamu memilih mode LOCK, maka torsi bakal terbagi ke empat roda.

Selain tangguh, suspensi mobil four×4 punya Renault ini terbilang cukup empuk dan gak rigid. Meski demikian, keempukan suspensinya ternyata gak mengorbankan pengendalian saat mobil ini harus bermanuver lho. Tetap nyaman gitu.

Tampang SUV yang satu ini emang cukup gagah. Udah gitu, mobil ini juga gak pasaran. Ketika kamu membawanya ke jalan raya, tentu gak sedikit yang bertanya-tanya “itu mobil apa ya?”

Berapa harga Renault Duster four×four? Dari situs resmi disebutkan kalau harganya mulai dari Rp 339,5 juta. Mengingat populasinya yang gak banyak di Indonesia, maka ada kemungkinan juga harga jual mobil ini anjlok. Gimana tuh, masih tertarik beli?

3. Mitsubishi Triton four×4
Triton four×four (Liputan 6) Kalau Pengin yang lebih gagah dan macho, mobil four×four yang punya bak di belakangnya ini bisa kamu coba. Triton ini ada dua jenis, ada yang single cabin dan double cabin. Yang single cabin jelas cuma bisa digunakan sebagai mobil niaga.

Sistem audio Triton 4×4 bisa dibilang cukup mumpuni, dan ada double din monitor di dalamnya. Mobil ini memiliki teknologi rangka yang kokoh, namun materialnya ringan. Kelebihan inilah yang bikin Triton makin mantap dalam hal bermanuver.

Dari segi desain, Trion juga mengedepankan konsep modern. Selain terlihat agresif dan gagah, mobil 4×four ini juga tampak sporty. Pokoknya pas banget deh buat yang cari mobil dengan gaya off highway.

Mitsubishi Triton four×4 menggendong mesin berkapasitas 2,4 liter DOHC Common Rail DI-D Variable Geometry Turbo (VGT). Mesin ini mengonsumsi bahan bakar best Pertamina Dex atau yang setara. Jangan pakai solar biasa, kasihan mesinnya nanti.

Sistem suspensi Triton juga terkenal asyik. Pengin berjalan di trek berbatu, yang di dalam mobil gak bakal berasa pegal. Gitu pula dengan handling atau kemudinya yang terasa mantap.

Sasisnya yang kokoh bikin kabin gak mengalami guncangan hebat walau mobil ini tengah bermanuver. Walaupun tenaganya cukup liar, tetap aja pengalaman berkendara yang kamu dapatkan pasti seru. Mobilnya juga tetap nyaman tuh.

Oh ya, tenaga maksimum yang bisa dihasilkan Triton adalah 178 Hp. Sedangkan torsinya cukup besar, mencapai four hundred Nm.

Harga Triton double cabin ada di angka Rp 372 juta, sementara versi single cabin Rp 312 juta. Dengan gitu, Triton four×4 adalah varian mobil 4×4 termahal di sini.

Meski demikian, kendaraan ini masih tergolong sebagai mobil four×four dengan harga terjangkau.

Walau ada mobil four×4 terjangkau, harga tetap aja mahal
Yakin butuh fitur four×4 di Jakarta? (stereocallo/Flickr) Itulah ulasan seputar mobil four×4 yang katanya terjangkau dari sisi harga. Kalau dipikir-pikir, biar kata terjangkau tetap aja lebih mahal ya kalau dibanding mobil keluarga biasa, apalagi sama LCGC alias mobil murah ramah lingkungan.

Mungkin terjangkau yang dimaksud adalah terjangkau buat orang yang penghasilannya udah Rp forty jutaan per bulan. Jimny yang termurah aja harganya segitu. Buat mengkredit mobil itu, artinya minimal penghasilan kamu harus mencapai Rp 18 jutaan per bulan.

Dengan penghasilan sebesar itu, tentunya seseorang udah mengemban jabatan selevel manajer atau mungkin senior manajer kali ya. Kalau gajinya masih Rp 10 jutaan, udah pasti berat deh sama cicilannya.

Fitur di mobil 4×four: apa emang dibutuhkan?
Seperti yang tadi dijelaskan, mobil ini mahal karena fiturnya emang hebat. Tapi apakah fitur itu emang benar-benar kamu butuhkan?

Ingat lho, fitur di mobil 4×4 ini bakal berguna banget buat mereka yang emang sering berpergian ke tempat-tempat yang aspalnya jelek atau malah gak ada sama sekali.

Tapi apakah setiap hari kamu melewati trek seperti itu buat ngantor? Kan enggak…

Sekali lagi, pertimbangkan dulu matang-matang buat beli mobil ini, apalagi yang berjenis mobil 4X4. Ngapain beli mobil mahal-mahal tapi fiturnya gak terpakai buat sehari-hari. Betul, gak?