• Fri. Mar 5th, 2021

Harga Toyota Hilux : Review, Spesifikasi, & Gambar September 2020

Review Toyota Hilux
Eksterior Toyota Hilux
Desain luar dari spesifikasi Toyota Hilux terbaru terlihat lebih garang dengan dimensi yang lebih bongsor dari pendahulunya. Dari sisi headlamp, Toyota Hilux menganut desain headlamp yang lumayan besar dengan bentuk trapesium melebar ke atas.

Pada bagian entrance grill, masih menggunakan desain besi bertingkat dengan aksen krom untuk varian double cabin, dan black doff untuk varian single cabin.

Penempatan foglamp dengan ukuran cukup besar semakin memepermanis tampilan Toyota Hilux dari depan yang disempurnakan dengan desain bumper yang dinamis dan telah diatur sedemikian rupa oleh Toyota, sehingga memiliki jarak yang tinggi dari tanah.

Berpindah pada desain samping mannequin kaku langsung terlihat, karena pada desain sampingnya Toyota Hilux tidak memiliki lekukan-lekukan bodi yang banyak, kaca samping pun memperlihatkan desain yang standar seperti pada versi Hilux terdahulu.

Penambahan tubular steep side berwarna hitam doff semakin membuat tampilan Toyota Hilux lebih gagah.

Beranjak dari bagian depan dan belakang mobil, pada bagian belakang mobil kesan kokoh langsung didapatkan tatkala melihat stoplamp dari spesifikasi Toyota Hilux yang berbentuk kotak dan terdapat aksen segitiga pada bagian samping sebagai indikator sein.

Selain itu pada bagian bumper belakang didesain dengan sangat minimalis dengan part tambahan baja yang ditempatkan di bawah bak yang dibalut warna silver.

Interior Toyota Hilux
Biasanya, untuk mobil yang menyasar segmen automobile truck, akan banyak mengabaikan sisi interior dan lebih mementingkan performa serta kapasitas bak.

Hal berbeda ditawarkan oleh spesifikasi Toyota Hilux ini. Toyota tetap memperhatikan sisi inside meski mobil barunya ini menyasar segmen pengguna pekerja lapangan.

Untuk varian paling tinggi, yaitu Toyota Hilux 2,5 E 4X4 M/T Double Cabin, sudah dilengkapi dengan spesifikasi inside kelas atas. Seperti contohnya adalah penggunaan stir dengan bahan material kulit dan sudah dilengkapi dengan panel instrumen yang informatif.

Pada bagian dashboard, Toyota Hilux dibekali dengan layar touchscreen 6.1 inci sebagai input audio dan juga bisa diintegrasikan dengan iPod menggunakan koneksi Bluetooth.

Pada panel speedometer memiliki desain lebih futuristik lewat panel speedometer berukuran four.2 inci berlayar TFT. Panel pada speedometer Toyota Hilux ini mampu menampilkan informasi dengan lebih akurat.

All New Hilux juga sudah dilengkapi dengan fitur Easy 4X4 Switch. Untuk varian standar dari Toyota Hilux, meskipun tidak dilengkapi beberapa fitur seperti di atas namun penggunaan materials kulit berkelas masih tetap dipertahankan.

Panel dashboard Hilux versi standar atau single cabin juga sudah dilengkapi tachometer yang menampilkan papan informasi yang lengkap, serta ada tambahan eco lamp indicator untuk mengatur mannequin berkendara.

Pada bagian kabin, Toyota Hilux double cabin mampu menampung hingga empat penumpang. Sedangkan untuk yang further cabin (single cabin), bagian belakang kabin hanya dapat berfungsi untuk bagasi.

Meski lebih sempit, namun Mas Sena perhatikan untuk kabin belakang Toyota Hilux singel cabin masih sanggup untuk menampung penumpang tambahan meskipun cukup beresiko karena tak ada seatbelt.

Untuk Hilux single cabin, hanya bisa menampung dua orang penumpang, namun hal ini berimbas pada kapasitas penampungan bak mobil menjadi lebih lega.

Banyaknya varian dan pilihan yang dihadirkan oleh spesifikasi Toyota Hilux ini pastinya akan membuat konsumen semakin mudah menentukan tipe mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Dimensi Toyota Hilux
Sesuai segmentasinya, spesifikasi Toyota Hilux diciptakan untuk dapat dikendarai dengan jenis medan apapun. Dengan dimensi yang dimilkinya, Hilux generasi baru ini tangguh untuk melewati medan berat dan kondisi jalanan yang kurang rata.

Toyota Hilux memiliki dimensi panjang 5.285 mm, lebar 1.800 dan tinggi 1.825 mm. Dengan dimensi ini, mobil pikap ini akan terlihat bongsor, namun masih pas jika disesuaikan dengan kategori sebagai truck car atau mobil bisnis.

Untuk mendukung performa di segala medan, wheelbase atau jarak sumbu roda yang dimiliki oleh Toyota Hilux ini sudah cukup tepat, yaitu 3.085 mm, serta didukung oleh bobot mobil yang mencapai 2,008 kg atau sekitar 2 ton.

Nah spesifikasi dimensi di atas adalah untuk Toyota Hilux varian double cabin. Sedangkan untuk varain single cabin memiliki dimensi yang lebih ramping, yaitu dengan panjang 4.930 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.685 mm, dan wheelbase 2.755 mm, dan hanya memiliki bobot kosong 1.583 kg atau sekitar 1,5 ton.

Selain dimensi bodi yang disesuaikan dengan fungsinya, Toyota Hilux juga didesain memiliki ground clearance atau jarak dengan tanah yang cukup tinggi, sehingga mobil ini bisa diandalkan untuk melibas medan dengan kontur tanah yang kurang rata atau medan perairan yang memiliki kedalaman tertentu.

Guna memberikan kenyamanan kepada pengendara, Toyota Hilux dilengkapi dengan suspensi bagian depan berjenis double whisbone dan suspensi belakang berjenis leaf spring inflexible axle. Jenis suspensi ini sangat populer dan banyak digunakan oleh mobil berjenis automobile truck atau pick up. Dengan kedua suspensi tersebut, Hilux akan memberikan kenyamanan serta keamanan ketika berkendara di medan yang berat.

Terakhir, pada bagian roda, spesifikasi Toyota Hilux ini sudah dibekali dengan ban berukuran 225/70 yang disokong dengan velg ukuran 15 inci untuk tipe 2.0L dan velg 17 inci untuk tipe 2.5L..

Fitur Toyota Hilux
Meskipun termasuk dalam jajaran mobil yang mengusung segmen pikap multifungsi, ternyata spesifikasi Toyota Hilux pada bagian interior juga dibekali fitur-fitur yang tak kalah menarik dari mobil keluarga biasa.

Nah pada segmen ini Mas Sena akan mengulas spesifikasi yang terdapat pada Toyota Hilux khususnya di bagian fitur untuk Anda semua.

Pada bagian fitur untuk menunjang keamanan dan kenyamanan ketika berkendara dengan Hilux, Toyota sudah membekali mobil keluaran terbarunya ini dengan fitur melimpah.

Salah satunya adalah penggunaan LCD four.three inci yang menggunakan jenis layar TFT. Panel LCD pada Toyota Hilux ini sanggup memberikan informasi dengan tampilan lebih atraktif.

Ada juga tambahan untuk bagian kabin kemudi berupa fitur Sport Seqential Shiftmatic. Untuk menunjang kebutuhan hiburan, Toyota Hilux juga sudah dibekali dengan layar LCD yang bisa menampilkan playlist lagu dan juga sudah mendukung integrasi dengan perangkat iPod.

Pada bagian keamanan, terdapat fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang memungkinkan mobil ini masih tetap stabil dan terkontrol ketika berada dalam posisi menikung tajam.

Selain itu, Toyota Hilux juga memiliki fitur canggih seperti Hill-Star Assist Control yang dapat digunakan untuk mengontrol kendaraan dalam posisi menanjak mendadak sehingga kendaraan yang ada di belakangnya akan lebih aman.

Toyota Hilux versi baru ini pun juga dibekali dengan fitur Anti-Lock Braking System (ABS) yang akan memberikan pengereman lebih sempurna.

Masih ada juga fitur Rear Differential Lock System dan juga Airbag System untuk pengemudi dan juga penumpang depan. Sementara untuk Toyota Hilux versi kabin ganda juga ada penambahan knee airbags dan juga curtain side airbags.

Fitur-fitur penunjang lain seperti Audio 2 Din 4 audio system, AC double blower, power home windows dan juga central lock juga sudah dipasang untuk melengkapi spesifikasi Toyota Hilux ini.

Mesin Toyota Hilux
Saatnya Mas Sena beralih pada segmen spesifikasi Toyota Hilux di bagian mesin. Pada bagian mesin, generasi baru Hilux ini dibekali dengan dua spesifikasi mesin yang berbeda sesuai varian tipenya.

Secara garis besar, dua varian Toyota Hilux ini terdiri dari tipe diesel yang mengusung mesin DOHC 4-Cylinders In Line sixteen-Valve. Mesin bertenaga diesel ini merupakan jenis mesin Toyota 2KD-FTV.

Mesin empat silinder segaris itu memiliki kubikasi sebsar 2.494 cc. Mesin pada Toyota Hilux diesel mampu memuntahkan tenaga sebesar 144 Ps pada putaran mesin 3.four hundred rpm.

Mesin ini sudah mengadaptasi teknologi Fuel Injection sehingga proses pembakaran pada ruang mesinnya berjalan lebih sempurna.

Torsi yang mampu dihasilkan oleh mesin Toyota Hilux versi diesel ini adalah sebesar 35 Kgm pada 1.600 hingga 2.800 rpm. Sesuai dengan karakter mesin diesel, versi Hilux yang satu ini akan memberikan tarikan yang responsif serta energy yang lebih maksimal.

Namun, seperti kebanyakan kendaraan diesel lainnya, Toyota Hilux versi diesel akan terasa cukup kasar saat dipacu dengan tenaga penuh. Lalu, versi kedua dari generasi baru Hilux ini adalah tipe yang bermesin bensin.

Pada Hilux tipe bensin, Toyota mengusung mesin DOHC Dual VVT-i four-Cyliders In Line 16-Valve. Mesin pada Toyota Hilux versi bensin ini adalah tipe mesin Toyota 1TR-FE. Mesin tersebut memiliki kubikasi sebesar 1.998 cc yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 139 Ps pada 5.600 rpm serta torsi sebesar 18.7 Kgm pada putaran four.000 rpm.

Mesin Toyota Hilux versi bensin ini juga sudah dibekali dengan sistem Fuel Injection yang akan membuat konsumsi BBM semakin efisien. Jika pada tipe diesel Anda akan mendapatkan energy yang besar, maka pada Toyota Hilux versi bensin Anda akan mendapatkan mesin yang lebih ‘halus’.

Selain perbedaan kubikasi dan juga karakter mesin, transimisi atau sistem penggerak masing-masing tipe tadi juga berbeda. Untuk versi diesel akan berjalan pada transmisi 6-Speed manual. Sementara spesifikasi Toyota Hilux versi bensin menggunakan transmisi 5-Speed handbook.

Related Post