• Tue. Apr 20th, 2021

Ini Dia 6 Bumbu Masak yang Bikin Masakan Indonesia Terasa Nikmat

Bykabarkhusus

Mar 31, 2021


Masakan Indonesia mempunyai rasa dan aroma yang lebih kaya daripada masakan barat. Hal ini tentu disebabkan oleh penggunaan bumbu masak dan rempah yang lebih melimpah dibandingkan masakan dari berbagai negara lain.

6 Bumbu yang Wajib Ada di Dapur Anda

Bumbu apa saja yang diperlukan untuk membuat masakan khas Indonesia yang jauh lebih nikmat dari masakan negara-negara tetangga? Sebenarnya ada banyak sekali jenis bumbu yang wajib digunakan dalam pembuatan masakan daerah dari Indonesia. Di bawah ini hanyalah beberapa diantaranya.

  • Berbagai jenis cabai

Kelezatan masakan Indonesia tidak pernah lepas dari cabai. Bahkan makanan khas Yogyakarta yang dominan manis pun dilengkapi dengan tambahan sambal yang berbahan dasar cabai. Cabai yang digunakan di Indonesia berbeda-beda dan tentunya memiliki berbagai tingkatan pedas yang berbeda.

Untuk memperoleh rasa pedas di tingkatan tertinggi, Anda bisa menambahkan cabai rawit ke berbagai masakan Anda. Tapi jika Anda membutuhkan rasa pedas yang tidak terlalu tajam, gunakan cabai keriting pada berbagai masakan atau sambal.

  • Bawang putih

Bawang putih mampu menambah aroma, memperkuat rasa masakan, serta menambahkan sedikit rasa pedas. Bawang putih tidak hanya mampu membuat masakan menjadi lebih lezat tetapi juga bisa meredakan berbagai penyakit seperti pilek dan batuk.

Hal ini karena bawang putih mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti fosfor, kalium, vitamin B6, serta vitamin C.

  • Bawang merah

Bawang merah sangat disukai oleh ibu rumah tangga Indonesia dan seringkali digunakan di banyak masakan. Rempah ini akan membuat masakan Indonesia menjadi lebih gurih serta mempunyai rasa yang lebih kuat.

Bawang merah biasanya digunakan di masakan yang mempunyai rasa pedas seperti nasi goreng, balado, sambal, dan lain sebagainya. Bumbu masak dengan bawang merah yang dikombinasikan dengan cabai membuat masakan menjadi lebih mantap.

  • Jahe

Masakan Asia selalu identik dengan jahe. Selain menambahkan sedikit rasa pedas di masakan, jahe juga mampu menambahkan sedikit rasa manis. Di Indonesia, jahe tidak hanya digunakan pada masakan tetapi juga pada berbagai jenis minuman seperti jahe susu, teh jahe, dan lain-lain.

Jahe terbagi dalam beberapa jenis yang berbeda yaitu jahe gajah, jahe merah, dan jahe kuning. Setiap jenis jahe menghadirkan rasa pedas pada tingkatan yang berbeda. Simpan jahe di kulkas untuk membuatnya tahan lama sehingga bisa sering digunakan dalam memasak.

  • Biji ketumbar

Meskipun ketumbar juga tersedia dalam bentuk bubuk, ibu rumah tangga Indonesia lebih menyukai ketumbar dalam bentuk biji yang disangrai dan dihaluskan sendiri. Biji ketumbar bisa bertahan lebih lama jika disimpan dalam wadah yang bersih dan kering.

Selain untuk menambah cita rasa pada masakan, ketumbar juga disukai oleh ibu menyusui karena kemampuannya dalam meredakan kembung dan melancarkan ASI.

  • Kemiri

Kemiri mampu membuat kuah berbagai masakan menjadi lebih mengental. Selain itu, kemiri akan membuat bumbu masakan lebih menempel di bahan yang Anda olah. Kemiri juga mampu menambahkan sedikit rasa manis pada masakan. Kemiri digunakan pada balado, rawon, soto, dan masakan lain.

Sudahkah Anda menyimpan stok berbagai bumbu masak di atas? Jika bumbu dapur Anda sudah menipis, Anda perlu segera memesan bumbu dan bahan masakan melalui aplikasi atau situs web TaniHub.

Dengan berbelanja melalui TaniHub, Anda bisa berbelanja dengan jauh lebih mudah dan nyaman dari rumah sambil mendukung para petani Indonesia dan berbagai pemasok untuk bahan-bahan sembako.