• Fri. May 14th, 2021

MENGENAL PADI UMKM B2C LEBIH DEKAT SEBELUM PUTUSKAN BERGABUNG

Bykabarkhusus

Jan 5, 2021

Pasar Digital yang diluncurkan pada Agustus 2020 lalu ini sebagai platform digital jual barang dan jasa BUMN ini, mengedepankan aspek kemudahan untuk membantu segala macam jenis kendala yang dirasakan oleh UMKM di Indonesia dengan prinsip memajukan UMKM agar melek digital. PaDi UMKM atau yang bisa disebut Pasar Digital UMKM hasil inisiasi KBUMN dengan BUMN lainnya, menginginkan adanya transaksi secara terus menerus untuk para pelaku UMKM yang telah bergabung agar UMKM tersebut memiliki ekonomi yang stabil ke depannya dan dapat memajukan perdagangan dari segi digital.

Platform Digital pengadaan barang dan jasa pemerintah ini, memiliki jenis usaha B2B dan B2C. PaDi UMKM B2B telah dijelaskan sebelumnya lengkap dengan beberapa Langkah-langkah yang dapat digunakan jika penjual/pelaku usaha UMKM ingin bergabung. PaDi UMKM B2C adalah website inisiasi Kementerian BUMN yang membantu UMKM (baik yang sudah maupun belum punya toko online) untuk mendapatkan akses pasar yang jauh lebih luas dengan pengelolaan produk dan transaksi secara terpusat.

Keuntungan bergabung dengan PaDi UMKM B2C adalah Atur transaksi secara terpusat yaitu Kemudahan untuk mengontrol dan mengelola transaksi dari satu satu platform. Lalu, Dimonitor oleh Kementerian BUMN, Masuk ke daftar UMKM yang akan dimonitor secara langsung oleh Kementerian BUMN. Selanjutnya, Dukungan untuk jadi supplier BUMN, UMKM didukung untuk naik kelas jadi UMKM yang melayani pengadaan perusahaan BUMN. Kemudian, Integrasi data pelanggan, Simpan data pelanggan dari seluruh channel dan maksimalkan dengan fitur CRM yang tersedia.

Kategori yang ada di PaDi UMKM B2C juga tidak kalah beragam dari yang dimiliki B2B, dimulai dari kategori yang pertama yaitu barang dan jasa lainnya yang di dalamnya terdapat pilihan baju serta perlengkapan lainnya, lalu kategori kedua yaitu catering dan snack yang memiliki beraneka ragam makanan dan minuman, selanjutnya kategori ketiga yaitu souvenir dan merchandise khas Indonesia yang tentunya memiliki pilihan beraneka ragam serta harga yang bersaing.

Kategori keempat memiliki, barang elektronik, computer dan periferal yaitu terdapat perlengkapan kantor dan barang-barang elektronik lainnya dari vendor terverifikasi. Kategori kelima memiliki, Jasa Konstruksi dan Renovasi yang tampilannya berbeda dengan B2B yang memiliki sub-kategori, kategori ini mempunya berbagai pilihan untuk membenahi rumah dan perlengkapan rumah lainnya. Kategori Kelima, Konveksi dan laundry, untuk kategori iniĀ  memiliki berbagai pilihan membuat batik dan berbagai produk atasan dan bawahan untuk dibuat.

Kategori keenam, Alat dan Jasa Kesehatan dan Keselamatan yang tampilannya belum teriisi oleh beberapa produk, untuk kategori ini masih dalam perbaikan tim terkait. Dan alat tulis kantor juga masih di kosongkan, berbanding terbalik dengan pilihan di halaman B2B, halaman B2B memiliki berbagai pilihan untuk di dagangkan dari berbagai vendor terverifikasi. Beberapa waktu ke depan, untuk halaman ini akan teriisi dan dibenahi oleh tim terkait.