Stres Berlebih Bisa Bikin Gigi Copot Secara Tiba-Tiba | Informasi Menarik SehatQ


 

Segala sesuatu yang hadir dalam kehidupan ini, memiliki sedikit banyak titik yang menjadikan seseorang stres. Baik itu urusan rumah, dapur, cinta, keuangan, pendidikan, dan lain sebagainya. Kabarnya, stres berlebih tak hanya membuat orang menjadi depresi, tekanan darah naik, tetapi tutut mempengaruhi kesehatan gigi serta menyebabkannya ompong loh. Benarkah?

Benarkah stres bisa menyebabkan gigi menjadi copot?

Mari kita amati bersama, banyak orang yang kerapkali mengepalkan atau membenturkan rahang secara kuat saat suasana hatinya tidak tenang. Tak hanya itu, beberapa kasus menyebut ada juga orang yang menggesekkan giginya hingga ngilu rasanya. Anehnya, kebiasaan itu kerapkali dilakukan tanpa disadari dan berlangsung terus menerus.

Efek menggesekkan gigi dengan kuat tak ganya menyebabkan gigi menjadi ompok, namun anda bisa saja terkena sindrom TMJ. Hal mana sindrom ini bisa menyebabkan rasa ngilu yang luar biasa pada sendi di rahang anda.

Stres juga bisa menyebabkan gusi anda menjadi berdarah

Banyak orang yang terkena stres akhir menjadikan hal-hal tidak baik sebagai pelampiasannya, sebut saj seperti merokok. Bahkan, stres yang terlalu berat bisa mengakibatkan seseorang menjadi malas untuk makan. Dengan pola yang demikian, tubuh menjadi kurang asupan nutrisi yang tak hanya menjadikan anda lemas, tetapi berpotensi menyebabkan gusi menjadi berdarah dan memunculkan permasalahan mulut lainnya.

Tingginya hormon kortisol tatkala seseorang stres, umumnya akan dikaitkan dengan resiko gigi berdarah atau penyakit gusi lainnya yang disebut gingivitis. Hal mana gigi akan lebih sering sensitif, ngilu, melemah kondisinya, bahkan berpotensi menyebabkan infeksi pada mulut yang dalam kondisi tertentu turut membahayakan kesehatan anda.

Ketika orang stres, kebersihan dirinya pun jadi terabaikan

Stres dapat menyebabkan orang jadi lupa diri, termasuk dalam menjaga kesehatan dirinya. Banyak orang stres yang menjadi tak semangat dalam beraktivitas, lupa mandi, lupa makan, dan lupa gosok gigi tentunya. Hal inilah yang menyebabkan kesehatan gigi menjadi menurun, akhirnya gigi menjadi penuh plak dan peluang kuman tuk berkembang dan merusak gigi.

Secara tidak langsung, gangguan kesehatan mental ini pun turut berpengaruh pada kesehatan secara umum. Ya, sebut saja seperti sebelumnya, melampiaskannya dengan merokok, akhirnya menjadikan gigi semakin tak sehat lagi setelah sebelumnya lupa untuk menggosok gigi secara teratur.

Namun, tidak semua orang yang stres giginya akan copot

Gigi anda akan beresiko copot, tatkala anda stres berat lalu melakukan kebiasaan yang sudah kami sebutkan di atas, seperti lupa membersihkan mulut, gemar merokok, dan juga menggesekkan gigi secara kuat. Akan tetapi, dalam kadar rendah, stres tidak akan membuat gigi anda copot kok, apalagi terjadi dalam semalam, tenang tidak akan.

Stres bukanlah sebab utama gigi anda copot, akan tetapi menjadi faktor yang memicu kebiasaan-kebiasaan tak baik yang menyebabkan gigi menjadi rapuh ketika anda stres. Artinya, ketika anda bisa mengatur stres anda tuk tidak melakukan kebiasaan di atas, maka gigi anda tidak akan menjadi taruan. Maka sebisa mungkin, jika anda dirundu stres, segera cari tahu solusi terkait masalah itu ya!

Begitu pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, mulai sekarang anda pun bisa menambah wawasan kesehatan seputar gigi dan mulut di Sehatq.com sebagai platform kesehatan digital terbaik Indonesia. Selain itu anda juga bisa memenuhi kebutuhan anda tuk jaga kesehatan melalui Toko SehatQ yang menyediakan ragam perlengkapan, suplemen, dan lainnya tuk menunjang kesehatan anda.