• Tue. Apr 20th, 2021

12 Mobil 4×4 Terbaik Tahun 2020

Bykabarkhusus

Oct 16, 2020 , ,

Kenapa mobil 4×4?
Mobil dengan sistem penggerah 4×4 mungkin bisa terbilang sedikit terutama di beberapa kota besar. Pasalnya, mobil dengan sistem ini memang lebih banyak digunakan saat ke luar kota dengan infrastruktur kurang bagus.

Lalu, apa sih yang menjadi alasan kenapa memilih mobil dengan sistem 4×4? Berikut penjelasan lengkapnya.

Secara umum, mobil dengan sistem penggerak roda 4×4 memiliki performa off-road dan menanjak lebih baik. Untuk kendaraan yang menggunakan sistem 4×4 seperti SUV atau truk, traksi kendaraan saat menanjak akan menjadi jauh lebih baik dibandingkan dengan mobil yang menggunakan sistem lain.

Saat sensor mendeteksi roda depan slip, maka management akan langsung otomatis dipindahkan ke roda belakang, demikian juga sebaliknya. Kemampuan ini menjadikan stabilitas kendaraan yang lebih dan memungkinkan pengemudi tetap fokus pada jalan dan membiarkan mobil yang melakukan mengatur sendiri.

Kelebihan Dan Kekurangan Mobil 4×4
Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan mobil dengan sistem roda penggerak 4×4 ini?

Umumnya, mobil dengan sistem ini menggunakan mesin yang bertorsi besar dan mampu menghasilkan tenaga besar sehingga membuat semakin nyaman berkendara saat di jalan jelek, lumpur dan lain –lain.

Selain itu, mobil dengan sistem ini biasanya memiliki kapasitas tangki bensin yang besar sehingga membuat kepercayaan diri membawa kendaraan tersebut ke daerah pelosok yang cukup susah mendapatkan bahan bakar.

Mobil dengan sistem 4×4 akan mengeluarkan banyak tenaga pada kecepatan rendah sehingga kuat untuk nanjak dan keluar lumpur. Selain itu, transfer case 4wd dapat mengecilkan rasio gigi sehingga bisa memaksimalkan tenaga mobil.

Umumnya mobil di desain dengan kemampuan membawa beban yang cukup berat. Selain itu, mobil ini didesain dengan bentuk yang gagah dan tinggi sehingga membuat menambah rasa percaya diri di jalan raya.

Mobil dengan sistem 4×4 umumnya didesain cukup tinggi sehingga dapat melihat jalan , situasi di depan ketika mengemudi. Visibilitasnya juga lumayan bagus dan bisa menghindari lubang. Karena mobil termasuk cukup luas dan lebar dan lega sehingga nayamn di gunakan untuk perjalan jauh.

Untuk kekurangan mobil dengan sistem 4×4 ini diantaranya konsumsi bensin yang cukup boros karena mobil seperti ini membutuhkan tenaga yang besar dan switch case yang sangat mempengaruhi konsumsi bbm.

Karena bisa digunakan di medan yang jelek maka stir cukup berat terlebih jika masih power streering hidrolik atau belum energy strrering. Selain itu mayoritas dari mobil ini menggunakan ban kasar / ban yang lebih besar dan lebar.

Selain itu untuk mengendarainya, perlu penyesuaian diri dengan mobil karena tidak seperti membawa sedan.

Cara Memilih Mobil 4×4
Sebelum memtuskan untuk membeli mobil dengan sistem 4×4, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan, diantaranya ialah:

Pilih mesin yang bertenaga
Karena konsep 4×4 adalah ditujukan untuk berkendara pada medan yang jelek seperti lumpur dan jalan yang berbatu maka pilihlah mobil dengan sistem 4×4 yang memiliki mesin yang bertenaga sehingga lebih aman dan nyaman ketika Anda mengendarainya.

Pengamatan dari luar
Selain mesin, juga pertimbangkan desain eksterior mobil tersebut. karena lebih diperuntukkan di medan yang sulit dan berlumpur maka pastikan desain eksteriornya pas digunakan di medan tersebut.

Sebaiknya ada switch case
Lebih baik jika Anda memilih mobil 4×4 yang menggunan teknologi transfer case otomatis sehingga mobil akan secara otomatis melakukan perpindahan jika berada pada medan yang berbeda. Hal ini sangat penting karena untuk menjaga konsentrasi kita dalam megemudi, mobil seharusnya bisa melakukan transfer case otomatis.

Pertimbangkan fitur
Setiap merk dan jenis mobil memiliki spesfikasi dan fitur yang beragam. Anda bisa pertimbangkan fitur yang ada pada mobil sebagai pertimbangan dalam memilih dan memnentukan mobil mana yang lebih baik.

Lakukan test drive
Sebelum Anda benar-benar membelinya, maka sebaiknya lakukan check drive terlebih dahulu. Test drive sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa mobil yang akan Anda pilih sesuai dengan yang Anda bayangkan dan benar-benar memberikan pelayanan yang memuaskan.

Dari check drive Anda bisa merasakan langsung bagaimana jika mengendarai mobil tersebut dan Anda bisa secara otomatis mendapatkan masukan.

Berikut ini daftar 12 Mobil 4×4 terbaik tahun 2020 yang telah dihimpun oleh tim Priceprice.com. Simak pembahasan lengkapnya dibawah ini.

12. Chevrolet Captiva

Banyak sekali deretan mobil berkualitas yang sudah diluncurkan Chevrolet, dan salah satu yang paling populer adalah Chevrolet Captiva, yaitu sebuah mobil SUV (Sport Utility Vehicle) yang memiliki spesifikasi keseluruhan yang baik dan berkualitas.

Hadir dengan mesin berkapasitas 2.four dan 2.0 L yang termasuk mobil dengan tenaga super. Tampilannya pun cukup elegan dan mewah. Chevrolet Captiva memiliki kapasitas tempat duduk hingga 7 penumpang, ditambah dengan intertior baik kabin ataupun ruang penumpang di belakang yang lega dan luas.

Selain itu, bodinya didesain dengan sangat indah dan memberikan kesan mewah dan kokoh tampak pada mobil ini. Ditambah dengan hadirnya beragam teknologi, fitur keselamatan dan juga kenyamanan tinggi pada mobil ini yang membuatnya lebih berkualitas.

Untuk harga, Chevrolet Captiva yang bisa di kategorikan cukup tinggi yakni bisa menembus angka 300 juta lebih. Dari varian terendah Chevrolet Captiva 2.four AT yang mencapai Rp 380.900.000 hingga Rp 462.200.000 untuk varian tertinggi Chevrolet Captiva 2.0 AT AWD (Diesel) Sugar White Metallic.

eleven. Audi Q5

Audi Q5 merupakan crossover eksekutif ringkas yang dibekali dengan mesin diesel V-6 silinder TDI three.0L dengan tenaga maksimal yang dapat dihasilkan sebesar 237HP dan torsi 369lbft; juga dengan sistem transmisi energy kecepatan 8 otomatis.

Body mobil Audi Q5 didesain menggunakan pintu 5 SUV dengan mesin pada mobil bervariasi mulai dari TFSI I4 yang berkapasitas 2 liter, TDI diesel I4 dengan 2 liter, TDI diesel V6 yang berkapasitas three liter, dan V6 FSI yang berkapasitas three,2 liter.

Sistem transmisi yang tersedia yaitu handbook dengan 6 percepatan, tiptronic dengan 6 percepatan, Tiptronic ZF 8HP dengan eight percepatan, S Tronic dengan 7 percepatan. Fitur particular dari Audi Q5 ialah mencakup CDC, disc rem 6 piston, inside kulit, penyerap kejutan, sistem hiburan yang dikembangkan, struktur alumunium, roda sebesar 21 inci, dan lain-lain.

Harga mobil ini termasuk cukup tinggi yakni mencapai Rp 1,5 Milyar Audi untuk Audi Q5 2.0 TFSI Quattro (harga OTR di Jakarta).

10. Renault DUSTER

Renault DUSTER adalah mobil SUV yang memiliki kapasitas hingga 7 kursi. Mobil ini hadir dengan varian mesin 1.5 liter yang bertransmisi guide 5-speed & 6-velocity. Bagian dapur pacunya, mobil ini menggunakan mesin 1.5 dCi K9K HP dengan teknologi DOHC yang bisa mengeluarkan tenaga mencapai 85 PS pada radius putaran three.750 rpm dan torsi maksimal hingga 200 Nm pada putaran 1.900 rpm.

Performa mesin Renault DUSTER didukung dengan kapasitas 1.461cc dan four buah silinder penggerak roda. Sayangnya, mobil ini belum tersedia varian matic yang bisa digunakan untuk daerah perkotaan yang penuh dengan kemacetan.

Renault juga mengklaim mobil ini irit BBM yaitu bisa menempuh 14,three km untuk 1 liter bahan bakar. Kapastitas tangkinya juga termasuk besar yaitu mencapai 50 liter. Selain itu Renault juga menyematkan berbagai fitur untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

Untuk harga mobil ini dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif yaitu Rp 239 juta hingga Rp 339 juta untuk varian tertingginya.

9. Toyota Land Cruiser

Toyota Land Cruiser dibekali dengan mesin yang tangguh yaitu mesin 1 VD-FTV Diesel with Intercooler berkonfigurasi V8 dengan kapasitas tangki four.5 liter dan memiliki 32 katup DOHC. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimal hingga 235 PS pada putaran three.200 rpm dan torsi mencapai 62.eight pada putaran 1.800 rpm.

Toyota Land Cruiser menggunakan seri berpenggerak four roda dan dibekali juga dengan lampu LED dan grille yang lebih besar. Toyota Land Cruiser terbaru telah mengandalkan sistem pemasok bahan bakar, yaitu Common Rail with Twin Turbo sehingga efisien dan memberikan performa yang handal dan optimal.

Land Cruiser terbaru juga sudah dibekali rem jenis Disc Brake pada semua rodanya juga fitur EBD, ABS, VSC, BA, HAC, ATRC, dan DAC. Selain itu, ada juga fitur seperti radio HD, satelit radio yang sama seperti Toyota Entune untuk sistem infotainment dan navigasi pada kendaraan ini.

Harga 1 unit Toyota Land Cruiser ini berkisar antara Rp 2,05 Milyar hingga Rp 2,39 Milyar untuk Harga OTR di Jakarta.

8. Nissan Navara

Nissan Navara merupakan kendaran komersil yang populer berkat mesin 2,5 L dan menggunakan sistem penggerak 4×4 inline atau 3.0 – V6 silinder, dengan turbo-diesel pendingin di dalam, DOHC.

Transmisi yang digunakan adalah kecepatan 6 guide atau kecepatan 5 otomatis dengan rem depan adalah cakram berventilasi dan rem belakang adalah drum. Suspensi bagian depannya independen.

Mobil ini merupakan mobil kargo yang sempurna dengan spesifikasi inside yang cukup pintar menyediakan help yang baik, ditambah dengan spesifikasi eksteriornya kuat. Fitur keamanan standar juga tersedia pada mobil ini.

Anda bisa memboyong mobil ini dengan harga yang berkisar antara Rp 432,2 Juta hingga Rp 497,eight Juta untuk harga OTR di Jakarta.

7. BMW X3

BMW X3 dibekali dengan mesin twin energy N20 2,0L yang mampu menghasilkan tenaga hingga 240 HP dan torsi hingga 260lb-ft. Untuk ekonomi bahan bakarnya yakni sekitar 21/28 mpg di kota/jalan raya. Akselerasinya zero-60mph dalam 6,5 detik.

BMW X3 saat ini dilengkapi dengan mesin auto begin-stop yang menjadikan ekonomi bahan bakar jauh lebih baik. Mobil ini dilengkapi juga dengan mesin turbocharged four silinder dan 6 silinder.

Fitur yang ada di dalamnya meliputi sistem infotainment yang mencakup 12 speaker surround audio dan dilengkapi dengan interface BMW iDrive dan sistem navigasi pada layar LCD 8,eight inci. Anda bisa membeli BMW X3 ini dengan banderol Rp 1,05 Milyar untuk harga OTR di Jakarta.

6. BMW X5

BMW X5 adalah mobil dengan mesin berjenis three.0L Petrol Engine, 6 Cylinder 24 Valve DOHC. Mobil ini memiliki kapasitas mesin 3000cc yang mampu mengeluarkan tenaga hingga dengan 340HP dengan torehan torsi maksimal 450 NM.

Betul saja SUV ini bisa menghasilkan kecepatan maksimal 243 Kmph dan menggunakan sistem transmisi AWD. Mobil ini juga menggunakan transmisi hingga eight Speed percepatan Otomatis untuk bahan bakar.

Untuk BMW X5 xDrive40i xLine dibanderol dengan harga Rp 1,71 Milyar untuk harga OTR di Jakarta.

5. Suzuki Jimny

Suzuki Jimny dibekali untuk medan off-road dan diproduksi sejak 1969. Saat ini produksinya ada pada generasi ke-3 yang dimulai sejak 1998.

Desain eksteriornya dibuat dengan baik, mencakup dasar roda 2250mm. Dilengkapi juga dengan hood scoop dan lampu depan berbentuk kotak.

Rem disc depan memiliki diameter yang besar, sebagai kompensasi dari teknologi dispersi panas yang laur biasa. Didukung oleh mesin four silinder 1,3L.

Harga Suzuki Jimmi berkisar antara Rp 315,5 Juta hingga Rp 330 Juta untuk harga OTR di Jakarta.

4. Toyota Fortuner

Toyota Fortuner merupakan salah satu jenis Big SUV yang cukup populer di Indonesia. Toyota Fortuner hadir dalam dua pilihan mesin, yaitu diesel dan bensin. Untuk transmisi, Toyota Fortuner ditawarkan dengan 2 pilihan, yaitu otomatis dan manual.

Toyota Fortuner dibekali dengan mesin diesel 4 silinder menggantikan 168BHP, bersama dengan torsi 252 ft lb. Mobil ini mengembalikan rata-rata 27,ninety five MPG secara total, sehingga sebagai kendaraan di daerah perkotaan angkanya hampir 20,47 MPG.

Toyota menyediakan pilihan sistem transmisi kecepatan 4 dan kecepatan 5, menjamin ekonomi bahan bakar yang lebih baik dan power supply linear. Mobil ini bisa Anda miliki dengan harga Rp 476,05 Juta hingga Rp 668,15 Juta untuk harga OTR di Jakarta.

3. Mitsubishi Triton

Mitsubishi Triton didukung oleh mesin petrol 2,4L yang berkapasitas 2351cc dan mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 94KW pada 5250rpm dan torsi maksimal hingga 194 Nm pada 4000 rpm. Dengan transmisi kecepatan 5 manual yang tersedia, suspensi depan double wishbone dan supsensi belakang elliptical leaf menghasilkan penanganan yang lebih baik.

Desain untuk tampilan luar cukup bagus, dengan ruang bagasi yang luas, sehingga membuatnya cocok untuk tujuannya. Desain dalam mobil mencakup lantai vynil dengan fitur keamanan yang cukup. Anda bisa memiliki mobil ini dengan merogoh kocek sekitar Rp 250,5 Juta hingga Rp 480,5 Juta untuk harga OTR di Jakarta.

2. Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport merupakan SUV ukuran sedang hingga besar model 2/four pintu dengan pergantian mesin depan; dikenalkan tahun 1982. Menggunakan mesin silinder V-6, 6G75 three,8L yang menghasilkan tenaga hingga 247 HP. Mitsubishi Pajero Sports menggunakan platform AWD yang luar biasa, dan menghasilkan torsi 329 Nm; practice power diesel turbo yang canggih, menyediakan versi van.

Fitur keamanannya cukup lengkap yakni meliputi kantung udara curtain & samping, sistem kontrol Active Stability dan Traction, distribusi rem elektrik, kendaraan tertangguh di pasaran.

Harga untuk 1 unit Mitsubishi Pajero Sport adalah berkisar Rp 486.5 Juta untuk varian terendah hingga Rp 697 Juta untuk varian tertinggi (Harga OTR di Jakarta)

1. Toyota Hilux

Toyota Hilux didesain tangguh untuk dengan pilihan single cabin atau double cabin. Anda bisa menggunakan double cabin untuk digunakan di medan offroad. Untuk double cabin, Toyota Hilux memiliki dapur pacu unit baru 2GD-FTV dilengkapi VNT Intercooler dengan diesel berkapasitas 2.500 cc ini sanggup hasilkan tenaga maksimal hingga 149,6 ps dengan torsi maksimal 400 Nm.

Sedangkan untuk varian Single Cabin, mesinnya dibekali mesin anyar 2GD-FTV dengan VNT Intercooler. Mesinnya bisa menghasilkan output daya 139 ps bisa dan torsi maksimalnya sebesar 183 Nm.

Teknologi canggih yang mendukungnya juga menciptakan pengalaman mengendara yang menyenangkan. Toyota Hilux didasarkan pada drivetrain 4×4 yang membuat daya traksinya jauh lebih baik, yang menggantikan kemampuan angkut yang lebih baik.

Anda bisa membeli Toyota Hilux ini dengan harga Rp 221,35 Juta hingga Rp 472,3 Juta untuk harga OTR di Jakarta.

Itulah ulasan mengenai mobil dengan sistem penggerak 4×4 dan rekomendasi mobil dengan sistem penggerak 4×4 terbaik 2020 yang bisa Anda jadikan sebagai rekomendasi dalam memilih mobil yang Anda butuhkan. Semoga bermanfaat.

Related Post