• Wed. Apr 21st, 2021

Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Network Switch?

Saat ini, sebuah perusahaan atau badan institusi memiliki umumnya memiliki lebih dari satu komputer. Hal ini dikarenakan komputer digunakan untuk menyimpan dan mengolah data yang berhubungan perusahaan atau institusi tersebut. Sehingga, untuk menghasilkan sinergi informasi dan data, beberapa komputer tersebut harus dihubungkan satu sama lain. Hal ini dilakukan agar proses transfer data antara satu komputer dengan komputer lainnya dapat berjalan dengan baik. Untuk melakukan hal tersebut, perusahaan atau instansi dapat menggunakan suatu alat yang diberi nama network switch atau switching hub. Alat ini akan menghubungkan beberapa komputer dalam satu jaringan dengan menggunakan OSI Model. Nantinya, data akan ditransfer melalui layer 2 atau link layer. Switching hub sendiri dapat dibedakan menjadi beberapa jenis seperti unmanaged switch dan managed switch. Selain itu, jumlah port dan kapasitas jaringan juga berbeda. Sehingga, para pengguna bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sebelum menggunakan network switch untuk perusahaan atau instansi, ada baiknya pengguna bisa mempertimbangkan beberapa hal sebelum memilih switching hub. Hal ini dilakukan agar switching hub yang digunakan benar – benar sesuai dengan kebutuhan dan bekerja secara optimal. Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah berapa jumlah perangkat dan komputer yang ada di dalam jaringan tersebut. Hal ini akan berpengaruh dengan jumlah port yang tersedia dalam switching hub. Pilihan jumlah port yang tersedia pada switching hub adalah 8, 24, dan 48. Oleh karena itu, pengguna harus memastikan bahwa perangkat yang ada dalam jaringan bisa dimasukkan ke port switching hub. Perangkat yang dimaksudkan tidak hanya komputer saja tetapi juga perangkat lainnya seperti printer, firewalls, VoIP, dan wireless access points.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tentang kecepatan yang ditawarkan oleh network switch dalam setiap jaringan komputer. Mengapa? Kecepatan dari switching hub yang digunakan akan mempengaruhi kecepatan transfer data dalam sebuah jaringan. Semakin banyak data yang ditransfer, maka kecepatan yang dibutuhkan juga semakin tinggi. Oleh karena itu, pengguna harus memastikan bahwa switching hub yang mereka pilih dapat mendukung proses transfer data dan tidak membuat koneksi jaringan menjadi lambat. Para pengguna juga perlu memperhatikan tentang ketersediaan sumber energi atau daya yang digunakan untuk menjalankan jaringan komputer. Semakin banyak perangkat yang digunakan pada jaringan komputer, maka Access Points (AP) sumber daya juga semakin banyak. Akan tetapi, seringkali AP yang tersedia tidak mencukupi. Oleh karena itu, pengguna bisa memilih switching hub yang menyediakan fitur Power over Ethernet atau PoE. Mengapa? Beberapa perangkat yang ada pada jaringan komputer dapat memperoleh sumber daya menggunakan port Ethernet. Oleh karena itu, menggunakan switch hub yang memiliki PoE pasti akan lebih menguntungkan.

Selain itu, pengguna juga harus memperhatikan tipe switching hub yang mereka butuhkan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, switching hub memiliki beberapa jenis yaitu unmanaged switch dan managed switch. Unmanaged switch merupakan tipe plug and play. Hal ini dikarenakan tipe unmanaged switch tidak membutuhkan konfigurasi untuk pengoperasian sehingga lebih praktis. Akan tetapi, unmanaged switch memiliki kapasitas jaringan yang terbatas. Sementara itu, managed switch memiliki konfigurasi yang harus diatur saat pengoperasian. Dengan adanya konfigurasi tersebut, managed switch memiliki kapasitas jaringan yang lebih besar dengan fitur yang lebih lengkap. Oleh karena itu, para pengguna harus benar – benar memastikan tipe mana yang mereka butuhkan.

Tukang Taman Jakarta Profesional dan Terpercaya

Tukang Taman Jakarta https://niscalagarden.web.id/ adalah jasa profesional Design dan Kontraktor Landscape yang mengerjakan berbagai macam type atau model taman mulai dari Taman Mediterania, Taman Minimalis, Taman Bali, Taman Jepang, Taman Klasik, Taman Vertikal, Taman Kering, dan juga mengerjakan taman untuk penghijauan perumahan, Pabrik, Kantor, Hotel, Universitas. dll

Kunjungi tukang taman jakarta apabila anda menginginkan taman anda rapi dan indah dipandang mata. Jangan sampai taman anda seperti tempat pembuangan sampah.

 

Related Post