Listrik Prabayar dan Pascabayar, Pilih yang Mana?

Saat ini, memenuhi tuntutan kebutuhan hidup terasa cukup berat di tengah masyarakat. Kenaikan dari beberapa kebutuhan bahan pokok pangan dan sandang. Diperparah dengan naiknya harga BBM dan iuran BPJS. Karenanya, masyarakat harus bersikap cerdas dengan menerapkan pola hidup sederhana. Pengeluaran harus diperhitungkan dengan baik.

Pengeluaran yang pasti setiap bulan, seperti halnya pembayaran PDAM, iuran BPJS, hingga pembayaran listrik PLN harus didahulukan. Menyisihkan untuk keperluan yang pasti tiap bulannya penting untuk menghindari resiko kehabisan dana saat jatuh tempo.

Setiap rumah sudah dipastikan menggunakan aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN). PLN dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan pelanggannya dengan melakukan layanan listrik yang bisa dilakukan dengan dua cara pembayaran.

  1. Sistem pembayaran prabayar (gunakan dulu baru bayar), dan
  2. Sistem pembayaran pascabayar (bayar lebih dulu, baru pakai).

Lalu manakah diantara kedua siste pembayaran di atas yang lebih hemat? Listrik prabayar atau listrik pasca bayar? Yuk simak dengan baik penjelasan berikut ini.

Sistem pembayaran listrik pasca bayar

Sistem pembayaran listrik pasca bayar adalah produk utama yang ditawarkan oleh PLN. Layanan yang memberikan keleluasan para pelanggannya untuk menggunakan listrik selama satu bulan. Kemudian setelah itu bisa membayar biaya penggunaan pada bulan berikutnya.

Pihak PLN akan mencatat meteran listrik dari rumah ke rumah serta menghitung jumlah pemakaian listrik para pelangganya. Kemudian PLN akan mengeluarkan jumlah tagihan yang telah digunakan para pelanggan selama satu bulan. Apabila didapati pelanggan tidak melakukan pembayaran saat waktu yang ditetapkan atau jatuh tempo, maka PLN bisa melakukan pemutusan aliran listrik rumah.

Cara pembayaran listrik PLN kini bisa memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada. Yakni layanan PLN online yang bisa dilakukan melalui bank. Beberapa kelebihan dari sistem pembayaran listrik pasca bayar adalah selalu tersedianya sumber listrik sampai pada tenggat waktu pembayaran akhir bulan. Anda juga tak perlu repot-repot membeli maupun mengisi token listrik rumah.

Namun disamping itu ada beberapa kekurangan dari sistem pembayaran listrik pasca bayar. Penggunaan listrik yang kurang terkontrol dengan baik dapat menyebabkan penggunaan kebocoran listrik atau pembayaran dengan jumlah besar. Metode pembayaran pasca bayar juga memungkinkan pelanggan menunggak pembayaran listrik ke PLN. Sehingga mengakibatkan tindak lanjut kepada pengguna seperti denda bagi yang terlambat bayar atau memutuskan aliran listrik rumah.

Sistem pembayaran  Listrik Prabayar

Listrik prabayar merupakan sistem pembayaran listrik yang biasa disebut listrik pintar. Layanan listrik prabayar tergolong baru dan memungkinkan pelanggan untuk membeli sendiri setiap bulannya mau pakai/gunakan listriknya. Layanan prabayar ini membutuhkan pulsa atau token listrik agar bisa digunakan.

Dengan membeli pulsa listrik atau token listrik maka secara otomatis masyarakat akan mendapatkan kuota listrik sesuai dengan jumlah pulsa yang dibeli. Apabila kuota listrik prabayar akan habis ditandai di meteran ‘berbunyi alarm’.

Untuk bisa mendapatkan token listrik prabayar, anda bisa membelinya di gerai penjualan pulsa maupun minimarket terdekat. Aplikasi yang disedikan seperti di PLN atau Bank juga bisa membantu dalam proses pembelian token listrik.

Beberapa kelebihan dari sistem prabayar listrik ini yaitu pelanggan dapat mengatur penggunaan biaya yang diinginkan. Bagi pelanggan yang mempunyai rumah disewakan tak perlu khawatir listrik rumahnya sudah dibayar atau belum oleh penyewa. Untuk penggunaan yang melebihi kuota listrik, maka listrik akan mati. Namun sebelum itu akan ada peringatan dengan bunyi alarm pengingat kuota pada meteran (sudah mencapai 10 kWh). Kekurangan sistem prabayar ini penggunaannya lebih sensitif pada meteran listriknya.

Pada kedua sistem layanan PLN masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Lalu bila dibandingkan lebih hemat mana prabayar listrik atau pascabayar? Jawabannya tergantung dari penggunaan listrik anda.