Makanan Bagi Anak Yang sedang Diare beserta Minumannya Diulas Lengkap Disini

Menjadi orang tua ketika melihat anak sakit merupakan pukulan yang mendalam, dimana biasanya bisa bermain, berteriak dan melakukan semuanya bersama tetapi anak terbaring lemas. Bukan masalah penyakit berat, hal itu akan dirasakan pula ketika akan mengalami diare.

Bagi orang dewasa yang sehari harus bolak-balik ke toilet untuk buang air besar saja merasa lemas, letih dan susah. Apalagi ketika melihat si kecil harus mengalami hal tersebut. Tidak heran jika sebagai ibu melakukan segala upaya supaya diare yang dialami oleh anak segera bisa teratasi dan kembali normal lagi.

Akan menjadi dilema dimana orang tua yang tidak ingin anaknya mengkonsumsi obat diare sembarangan, tetapi harus segera mengatasi diarenya. Tentu solusi yang diambil yaitu melakukan segala upaya yang aman seperti pemberian obat tradisional. Ada banyak obat racikan sendiri dari bahan biasa yang dianggap manjur mengurangi frekuensi buang air besar yang berlebih.

Seperti pembuatan oralit, dimana ramuan air, gula dan garam tersebut ternyata bisa menjadi salah satu solusi pertolongan pertama pada anak yang sedang diare. Namun pemberian tetap harus diperhatikan, jangan terlalu banyak dan berikan sesuai dengan keperluan dan dosis anjurannya.

Selain dengan menggunakan ramuan, cara lain yang dapat diusahakan orang tua agar anak cepat membaik dari diare adalah memberikan makanan sehat. Seperti dibahas mengenai minuman dan makanan bagi anak yang sedang diare agar lebih mempercepat penyembuhannya. Ada beberapa jenis yang bisa Anda pilih seperti:

  1. Jenis daging sapi, daging ayam, dan ikan dengan olahan dikukus, direbus ataupun dipanggang.
  2. Menggunakan telur rebus.
  3. Menggunakan pisang, alpukat ataupun buah segar lainnya.
  4. Nasi putih atau jenis sereal.
  5. Biskuit, kentang, sayuran.

Beberapa jenis makanan diatas dinilai mempunyai keamanan yang baik dikonsumsi meskipun anak sedang mengalami diare. Oralit sendiri sudah membantu mengatasi dehidrasi yang dialami oleh anak ketika buang air besar tidak kunjung selesai. Selain itu bila anak masih suka mengkonsumsi susu pastikan untuk memilih jenis susu dengan kandungan lemak rendah, keju, yoghurt. Namun jika produk susu yang dikonsumsi justru membuat diare makin tidak bisa diatur, lebih baik diberhentikan dan lakukan konsultasi dengan dokter yang tepat.

Selain makanan yang diperbolehkan diatas, ada pula makanan untuk anak diare yang perlu dihindari. Karena jika terus menerus dikonsumsi akan memperburuk kondisi buang air besar, bahkan semakin parah. Yang paling utama perhatikan jenis makanan ataupun minuman yang mengandung gas, ini perlu untuk dihindari supaya tidak memperburuk. Seperti konsumsi jenis brokoli, buncis, pabrikan, jagung, plum ataupun yang lainnya.

Ditambah lagi mengenai minuman ataupun makanan yang mengandung kafein tinggi. Bukan hanya saat diare, anak perlu menghindari jika belum ada batas usia untuk mengkonsumsi jenis tersebut. Jangan sampai terlambat mengetahui apa saja yang dilarang dan dianjurkan dikonsumsi oleh si kecil supaya diare cepat berkurang.

Memiliki anak memang perlu pengetahuan yang lebih dalam berbagai penanganan masalah yang sedang dialami. Seperti beberapa pengetahuan mengenai segala jenis penyakit yang paling umum menyerang si kecil.

Dengan paham pertolongan pertama seperti apa, obat yang aman seperti apa tentu sebagai orang tua tidak perlu lama-lama melihat si kecil lemas, lelah dan susah ketika sakit. Nah, banyak informasi yang bisa Anda dapatkan melalui Diarepeda, kumpulan artikel mengenai pengetahuan umum, tips dan trik sampai dengan anjuran obat dari dokter terpercaya untuk mengatasi diare.