• Wed. Apr 21st, 2021

Update perkembangan vaksin corona melalui sehatq.com

Bykabarkhusus

Dec 7, 2020

Pengembangan vaksin corona telah dilakukan untuk dapat mengatasi wabah SARS-CoV-2 yang tidak kunjung usai yang telah menjadi masalah dunia terbesar saat ini. vaksin corona ini diharapkan akan mampu menurunkan morbiditas serta mortalitas akibat infeksi COVID-19. beberapa kandidat vaksin corona telah berhasil ditemukan dan penelitian untuk pengembangan vaksin corona ini pun sedang dilakukan yaitu dengan menggunakan vaksin yang  berbasis asam nukleat, protein subunit, virus hidup yang dilemahkan, virus inaktif, serta vektor virus yang lain.

Penelitian yang telah lampau yang mengisyaratkan bahwa model hewan coba menunjukkan respons yang sangat bervariasi terhadap pemberian vaksin corona SARS-CoV-1 atau MERS-CoV sehingga penggunaan model hewan yang multipel dalam pengembangan vaksin corona SARS-CoV-2 ini akan sangat penting sebelum vaksin corona dinyatakan akan aman untuk digunakan pada populasi manusia. Di sisi lain, bukti epidemiologi menunjukkan bahwa kebijakan vaksinasi BCG secara universal juga diduga ada kaitannya dengan variasi dampak COVID-19 yang terjadi antar negara. Namun, bukti ini pun masih perlu didukung dengan hasil uji klinis acak terkontrol agar hubungan sebab dan akibat diantara penerapan vaksinasi BCG pada populasi berisiko terhadap perbedaan mortalitas dan morbiditas COVID-19 dapat ditentukan dengan baik.

Saat ini, beberapa uji klinis sedang dan masih berjalan untuk menguji efektivitas serta keamanan dari kandidat vaksin corona seperti mRNA-1273 dengan nomor uji NCT04283461, INO-4800 dengan nomor uji NCT04336410, dan Ad5-nCOV  dengan nomor uji NCT04313127. Berbeda dengan tahap pengembangan vaksin secara tradisional seperti pada vaksin dengue, RSV (respiratory syncytial virus), dan influenza, tahap pengembangan vaksin corona pada era pandemi seperti ini akan melalui uji klinis berjalan beriringan atau bahkan dapat mendahului penelitian mengenai sifat biologis virus ataupun respons imun pejamu terhadap infeksi corona virus. Di lain sisi, masih kurangnya informasi dari uji coba mengenai sifat biologis dan juga respons imun terhadap SARS-CoV-2 menimbulkan banyak pertanyaan mengenai cara dan kemampuan setiap kandidat vaksin dalam memberikan proteksinya terhadap infeksi SARS-CoV-2. Hal ini pun akan dapat berdampak pada penelitian lanjutan yang mungkin akan berkembang untuk menjawab vaksin jenis mana yang kelak akan mampu dianggap paling efektif untuk pencegahan infeksi SARS-CoV-2.

Berbagai uji klinis kandidat vaksin corona yang sedang berjalan tersebut masih dirancang dengan mempertimbangkan berbagai hasil penelitian corona virus dengan patogenik jenis lain di masa yang lampau. Melalui strategi seperti ini membuat aspek efektivitas, durasi proteksi, serta keamanan kandidat vaksin coronavirus diharapkan dapat dipantau dengan lebih baik dan pertanyaan tentang mekanisme kerja kandidat vaksin dalam memicu imunitas terhadap infeksi SARS-CoV-2 maupun coronavirus patogen lainnya di masa mendatang dapat terjawab dengan baik. Vaksinasi di masa depan pun diharapkan akan mamp membantu mencapai herd immunity yang sedang kita tunggu-tunggu.

Jika anda menginginkan info udpate mengenai isu kesehatan khususnya mengenai covid atau vaksin corona anda dapat mengunjungi sehatq.com karena sehatq telah banyak menyediakan fitur-fitur khusus kesehatan yang terupdate untuk anda. Disana anda pun dapat langsung menanyakan mengenai penyakit anda kepada dokter karena sehatq memiliki fitur tanya dokter yang dapat anda manfaatkan. Selain itu anda juga dapat belajar mengenai obat-obat apa yang sedang anda minum atau yang akan diberikan oleh dokter melalui fitur direktori obat. sehatq akan selalu mengedepankan kenyamanan anda serta akan selalu berusaha menjadi lebih baik lagi ke depannya.