• Wed. Apr 21st, 2021

Varian Baru, Buah Manggis Putih

Bykabarkhusus

Oct 15, 2020 , ,

Varian Baru, Buah Manggis Putih

Jika biasanya kulit buah manggis berwarna ungu, kali ini ada varian baru dari buah manggis yang mempunyai kulit berwarna putih yaitu manggis putih. Kabarnya manggis ini merupakan varian manggis unggul dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan manggis biasa.

Selama ini, manggis putih banyak dihasilkan dari daerah Lingsar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. Namun ternyata, tanaman manggis putih ini dapat juga tumbuh di beberapa daerah lain di Indonesia. Bibit manggis putih ini pun kini menjadi buruan oleh para pembudidaya tanaman buah.

Idealnya, manggis putih ini ditanam di lahan dengan ketinggian sekitar mdpl, namun tidak menutup kemungkinan juga untuk tetap bisa hidup meski ditanam di ketinggian lebih dari 1.500 mdpl, hanya saja mungkin produktivitas buahnya kurang maksimal.

Saat masih muda, jenis manggis ini memiliki kulit berwarna dominan putih. Namun ketika hampir matang dan akan panen, kulitnya akan berubah warna menjadi agak keunguan seperti manggis pada umumnya.

Dilihat dari segi nutrisinya, manggis putih ini mengandung banyak sekali serat, protein, asam folat, fosfor, magnesium, kalsium, zat besi, seng, mangan, fosfor, natrium dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin C, B12, A, B6 dan beberapa vitamin lainnya.

Manggis putih memang istimewa, dari segi ukuran, manggis putih memiliki ukuran yang lebih seragam dengan berat rata-rata 2-2,5 ons untuk setiap buahnya. Sementara dari segi rasa, manggis putih memiliki rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan manggis ungu. Ini karena kandungan glukosa buah manggis putih jauh lebih tinggi.

Selain lebih manis, untuk daging buah manggis putih juga lebih renyah, hal ini dikarenakan manggis putih memiliki kadar air yang lebih sedikit dibandingkan dengan manggis ungu.

Keunggulan lainnya, manggis putih menghasilkan produktifitas yang jauh lebih tinggi. Dalam sekali panen, pohon manggis putih bisa menghasilkan kg, sementara pohon manggis ungu hanya sekitar 30 kg saja.

Sementara itu, masa berbuah tanaman manggis putih dari masa awal penanaman hingga pemanenan adalah di usia three-4 tahun dengan syarat bibit berasal dari okulasi/sambung pucuk. Selain itu, tanaman manggis putih juga dikenal sebagai tanaman yang tahan terhadap serangan OPT. Sehingga tanaman ini akan sangat mudah dalam perawatannya karena tidak memerlukan perlakuan yang istimewa.

Muhklis Amin, pembibit manggis putih dari Sumber Tunas Hijau asal Purwokerto, Jawa Tengah mengatakan, manggis putih menjadi favorit lembaga dinas pertanian, korporasi, petani hingga perseorangan.

Muhklis bisa menjual ribuan bibit manggis putih dalam setahun. Ia menjual bibit manggis putih mulai dari harga Rp 7.000 untuk tanaman setinggi cm hingga Rp 20.000 untuk tanaman lebih dari satu meter. Muhklis pun mengatakan, bertanam manggis putih merupakan investasi bagus lantaran masa produksinya mencapai tahun per pohon.

Selain dibeli untuk ditanam di perkebunan, pohon manggis putih juga banyak dibeli sebagai pengisi pekarangan rumah. Seperti bibit manggis putih yang dijual oleh Shalikun Naim, petani Agro Sejahtera asal Kediri, Jawa Timur.

Bagaimana, menarik bukan untuk mencoba membudidayakan tanaman manggis varian ini?

Referensi:

samudrabibit.com

manfaat.co.id

pertanianku.com

peluangusaha.kontan.co.id

Kategori
ArtikelVarietas Manggis PutihManggis PutihVarietas Manggis Baru

Related Post